Beranda

Pages - Menu

5 Manfaat Fieldtrip Buat Anak-Anak



Anak-anak yang tercinta,

Beberapa waktu lalu kita semua berangkat dalam perjalanan yang penuh kegembiraan dan harapan. Field trip kita di Taman Karakter Fransiskus adalahsebuah petualangan yang membawa kita keluar dari kelas dan memperkenalkan kita pada dunia di luar sana.

Ingat saat kita berdiri di depan kandang kambing lalu kita memberi makan kambing-kambing itu, lalu memberi makan ikan yang ada di kolam-kolam sebelahnya, dan berlanjut menanam juga memanen sayuran? Mata kita terbelalak melihat dan mengalami itu dalam kegembiraan bersama teman-teman. Kita merasa seolah-olah kita telah melakukan perjalanan istimewa, menyentuh suasana peternakan sekaligus pertanian.

Ketika kita mengunjungi rumah karakter juga bermain-main dengan ceria. Di gazebo, kita belajar juga bermain tentang pentingnya kerjasama serta kegembiraan dengan teman-teman dan betapa pentingnya kita menjaga lingkungan bersama mereka.

Di taman itu kita bermain, kita tertawa dan berlari, merasakan angin di wajah kita. Kita bermain bersama, mengumpulkan kenangan kegembiraan yang akan kita simpan selamanya.

Saat kita kembali ke sekolah, kita membawa pulang lebih dari sekadar sayuran dan alas kaki kotor, badan berkeringat juga bau serta baju kotor. Kita membawa pulang pengalaman, pengetahuan, dan rasa keterhubungan dengan dunia di sekitar kita.

Jadi, anak-anak, mari kita terus menjelajahi, belajar, dan merayakan setiap petualangan yang datang. Karena dunia ini luas dan indah, dan kita hanya perlu membuka mata dan hati kita untuk melihatnya.

Terima kasih telah menjadi bagian dari perjalanan ini.



Paling tidak ada lima manfaat dari field trip yang bisa diperoleh anak-anak , bahkan kalian boleh menambahkan lebih banyak lagi, apa sajakah manfaat itu?
  1. Melihat Dunia Nyata: Saat pergi ke luar kelas, anak-anak dapat melihat langsung apa yang mereka pelajari di buku. Misalnya, ketika belajar tentang hewan, mereka bisa langsung melihat lebih dekat juga berinteraksi meskipun dalam ragam yang terbatas.
  2. Belajar Sosial dan Keterampilan Hidup: Field trip memungkinkan anak-anak berinteraksi dengan teman sekelas dan guru di luar lingkungan sekolah. Mereka belajar tentang kerjasama, berbicara dengan orang lain, dan menghormati aturan.
  3. Mengasah Kreativitas: Melihat hal-hal baru dan berbeda dapat memicu imajinasi anak-anak. Mereka mungkin mulai bertanya-tanya tentang bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi.
  4. Mengenal Budaya dan Sejarah: Kunjungan ke rumah adat , sebagai tempat indah mengenal budaya dan seni membantu anak-anak memahami budaya dan sejarah. Mereka bisa melihat keunikan setiap daerah memahami betapa kayanya bangsa Indonesia akan budaya.
  5. Mengurangi Stres dan Monoton: Field trip adalah momen istimewa yang memecah rutinitas sehari-hari. Anak-anak dapat bersenang-senang, belajar, dan merasa lebih segar setelah mengalami pengalaman di luar kelas.



Ingatlah bahwa field trip adalah kesempatan yang berharga untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman anak-anak. Semoga anak-anak selalu antusias mengikuti setiap petualangan! 🌟🚌


Video Fiedtrip Kelas 4

Video Kunjungan SMP Fransiskus



Tidak ada komentar:

Posting Komentar