Beranda

Bakti Sosial

Menjadi waktu yang istimewa bagi kedua warga sekolah ketika Jumat, 14 April 2023 anak-anak berkesempatan beracara bersama, berdinamika dalam satu ruangan bersama teman-teman baru. Anak-anak SD Fransiskus 2 dengan SLB Pelita Kasih dalam kekeluargaan dan keakraban menyelenggarakan temu gembira di dalam aula SD Fransiskus 2 dipandu Bapak Lukas Prastowo didampingi para guru dari kedua sekolah juga beberapa orang tua murid.

Jam 07.30 pagi beberapa anak para wakil dari kelas 1-6 bersama orang tuanya menjemput teman-teman SLB Pelita Kasih, dan teman-teman SLB sudah bersiap menunggu untuk berangkat ke Sekolah Fransiskus. Terpancar kegembiraan yang luar biasa akan dapat bertemu dengan banyak teman baru. Kegiatan bersama teman-remain SLB Pelita Kasih langsung dimulai setibanya mereka disana dengan dibuka dengan singkat oleh kepala sekolah SD Fransiskus 2, Sr.M.Elfrida FSGM yang dilanjutkan menyanyi bersama beberapa anak-anak yang baru datang diikuti beberapa orang tua murid.

Kegembiraan dan semangat kekeluargaan yang dirasakan oleh anak-anak dari SD Fransiskus 2 dan SLB-C Pelita Kasih menjadi hadiah terindah bagi hari yang spesial ini.

VIDEO


SLB adalah singkatan dari Sekolah Luar Biasa, yaitu sekolah yang khusus untuk anak berkebutuhan khusus di Indonesia. Ada enam jenis SLB di Indonesia, yaitu SLB-A untuk penyandang tuna netra, SLB-B untuk penyandang tuna rungu, SLB-C untuk penyandang tuna grahita, SLB-D untuk penyandang tuna laras, SLB-E untuk penyandang tuna ganda, dan SLB-F untuk penyandang tuna daksa.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017, jumlah anak berkebutuhan khusus di Indonesia mencapai 1,6 juta. Namun, baru 18 persen yang mendapatkan layanan pendidikan inklusi. Dari 18 persen tersebut, terdapat 115.000 anak bersekolah di SLB dan 299.000 lainnya bersekolah di sekolah reguler pelaksana sekolah inklusi.


Saat ini, ada sekitar total 2.200 SLB (SD-SMA) di seluruh Indonesia23. Beberapa SLB negeri di Indonesia juga bakal menjadi lembaga sertifikasi profesi penyandang disabilitas.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar