Beranda

Awal Yang Baik

Kita telah memasuki PAT (Penilaian Akhir Tahun) di ujung semester genap ini. Menjadi langkah yang baik bagi kita, mengawali semua ini dengan berdoa bersama.



Urutan Pembuka/ Doa Hari Kedua PAT, Selasa, 23 Mei 2023 sbb :


---
Para penulis Injil menjelaskan bahwa Yesus sebagai tokoh yang sangat dekat dengan anak-anak, menyayangi, dan mencintai anak-anak. Yesus mengenal secara baik dunia anak-anak sebab Dia sendiri pernah mengalaminya. Ia lahir pada suatu waktu tertentu, di suatu tempat tertentu, berintegrasi dalam suatu kebudayaan tertentu yaitu kebudayaan Yahudi Palestina. Yesus sendiri berkata: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga” (Mat 19: 14).
Perkataan Yesus tersebut tentu saja tidak berlebihan dan bukanlah tanpa alasan. Warta keselamatan dari Allah yang dimaklumkan dalam diri Yesus Kristus ditanggapi oleh setiap orang secara berbeda-beda, yaitu menurut cara mereka sendiri. Bagi Yesus, anak-anak telah menunjukkan suatu cara yang tepat dalam menanggapi pewartaan itu. Ia melihat bahwa kepolosan anak-anak dalam menghadapi segala hal, dan sikap mereka dalam menghadapi sesuatu tanpa praduga rupanya membuat mereka mampu menangkap, memahami, dan menerima warta kabar gembira dari-Nya.

Pengakuan inilah yang merupakan salah satu pendorong bagi Yesus untuk membiarkan anak-anak datang pada-Nya. Kalau demikian, maka sudah sepantasnyalah kita membiarkan anak-anak kita untuk dekat dengan Yesus. Akan tetapi, kedekatan itu hanya akan tercipta kalau anak-anak mengenal Yesus. Caranya? Melalui pengajaran secara intensif baik di rumah, di sekolah dan di gereja. Di rumah, orang tua
hendaknya selalu mengajarkan dan menularkan pengetahuan dan iman Kristiani kepada anak-anak. Di sekolah, anak-anak belajar memperdalam informasi mengenai iman Kristiani yang diterimanya dari orang tua. Di gereja, mereka mengekspresikan imannya sebagai anggota Gereja, serta dibantu, dibimbing untuk mengembangkan religiositasnya.

Tantangan Pembinaan Iman Anak Masa kini dan Masa Mendatang  .... Lanjut untuk membaca selengkapnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar